Coldplay, Grup Band asal Inggris yang Merajai Tangga Lagu

Coldplay, Grup Band asal Inggris yang Merajai Tangga Lagu

AlbumBaru.Com —  Coldplay adalah grup band rock yang terdiri dari Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion. Awalnya Coldplay didirikan oleh penyanyi utama dan pemain keyboard Chris Martin dan pemain gitar utama Jonny Buckland, pada tahun 1996— ketika mereka kuliah di University College London.

Lagu Coldplay yang diramu dengan lirik-lirik tajam, sentimental, dan melodi yang ciamik, langsung menjadi pembicaraan penggemar musik rock seluruh dunia. Mereka selalu merajai tangga lagu atau chart musik dunia—termasuk diIndonesia. Tak ayal jika seluruh tiket konsernya selalu sold out oleh para penggemarnya.

Band ini mampu meraih 62 awards dari 209 nominasi peraih penghargaan di berbagai ajang kompetisi musik seluruh dunia. Apabila dihitung ada sekitar 9 Brit Awards (4 di antaranya sebagai Best British Group), MTV Video Music Awards sebanyak 5 kali, dan 7 Grammy Awards dari 31 kali nominasi.

Kesuksesan pertama kali dicicipi oleh Coldplay, saat merilis lagu mereka yang berjudul “Yellow” pada tahun 2000. Lagu ini termasuk salah satu dari beberapa lagu yang ada dalam album debut Coldplay, yaitu Parachutes (2000) yang sempat dinominasikan dalam Mercury Prize. Album tersebut rilis pada tahun yang sama.

Album keduanya yang berjudul A Rush of Blood to The Head pun dirilis pada tahun 2002, dan meraih banyak penghargaan bergengsi.

Album berikutnya yaitu X&Y (2005), menjadi album terlaris pada tahun 2005 lalu. Kemudian Coldplay merilis album keempat mereka yang dinamakan Viva La Vida or Death and All His Friends (2008). Brian Eno, sang produser memutuskan untuk merilis ulang album tersebut, agar meraih perhatian khalayak umum yang lebih luas. Usaha ini membuahkan hasil dengan memperoleh beberapa nominasi dan meraih penghargaan dari Grammy Awards ke-51.

Pada 24 Oktober 2011, Coldplay kembali merilis album baru Mylo Xyloto (2014) dan mampu merajai tangga lagu di lebih dari 34 negara dunia. Album kelima ini adalah album rock paling laku terjual pada tahun 2011, di Inggris Raya. Pada 16 Mei 2014, album berjudul Ghost Stories (2014) dirilis oleh grup band ini.

Coldplay dikenal pula lewat hubungan asmara sang vokalis Chris Martin dan Gwyneth Paltrow, selebriti Hollywood yang kemudian dinikahinya. Pernikahan mereka harus berakhir, meski sudah dikaruniai dua orang anak: Apple dan Moses Martin.

Pada 4 Desember 2015 lalu, Coldplay merilis album ketujuh yang berjudul A Head Full of Dreams. Grup band rock ini memposisikan diri sebagai pendukung kemerdekaan Palestina, dan beberapa isu politik dunia lainnya. (Tharsya/Foto: Coldplay.com)

Simak juga: 20 Koleksi Lagu Terbaik Coldplay

Dengerin lagu-lagunya Coldplay:

Note: Untuk mendengarkan lagu-lagu di atas secara utuh, maka kamu harus menginstal aplikasi Spotify di handphone atau komputer kamu!