Ed Sheeran, Penyanyi Jalanan dengan Bakat Luar Biasa

Ed Sheeran, Penyanyi Jalanan dengan Bakat Luar Biasa

AlbumBaru.Com — Penyanyi berambut merah yang satu ini pasti sudah tak asing lagi bagi penikmat musik. Edward Christopher Sheeran, atau yang beken disapa Ed Sheeran lahir di Yorkshire pada 17 Februari 1991. Sedari kecil, Ed Sheeran sudah akrab dengan dunia musik berkat hobi kedua orang tuanya.

Bakat menyanyi mantan kekasih Nina Nesbitt ini, muncul sejak usia empat tahun. Di usianya yang belum genap lima tahun, Ed Sheeran sudah bernyanyi di depan para jemaat gereja di Framlingham.

Ed kecil, yang semakin percaya diri dengan kemampuannya di bidang musik, mulai mengasah bakatnya dengan mengambil kelas gitar pada usia 11 tahun. Melalui kelas gitar itulah dia bertemu dengan Damien Rice, sosok musisi yang menginspirasinya untuk mulai menulis lagu.

Pada 2005, Ed Sheeran mulai merekam hasil karyanya yang diberi tajuk “The Orange Room EP”. Tiga tahun kemudian, musisi serba bisa ini mengadu peruntungan dan berhijrah ke London, di mana dia memulai perjalanan kariernya dengan mengenalkan lagu-lagu karyanya di jalanan Kota London.

Di usia remaja, Ed Sheeran sudah dikenal sebagai penyanyi jalanan. Bahkan, pelantun “Photograph” ini pun pernah hidup menggelandang selama dua tahun hingga tidur di depan Istana Buckingham. Momen masa remaja yang penuh perjuangan tersebut, dia curahkan pada lagu terbarunya, “Castle On The Hill”.

Ed Sheeran memutuskan untuk melebarkan sayapnya di blantika musik dunia dengan pindah ke Los Angeles. Pada 2011, Ed merilis “No. 5 Collaboration Project”, yang menarik perhatian musisi kawakan Elton John dan aktor Jamie Foxx. Karier profesionalnya pun ditandai dengan kontrak resmi bersama Asylum Records.

Bakatnya yang luar biasa membawa karya-karyanya seperti “The A Team” dan “Lego House”, dapat meraih berbagai penghargaan Platinum serta nominasi Lagu Terbaik pada Grammy Awards 2013, dan nominasi Artis Pendatang Baru Terbaik pada Grammy 2014.

Pada 2013, Ed Sheeran berhasil membuatnya berkibar dengan berduet bersama Taylor Swift melalui lagu “Everything Has Changed”. Pada awal 2017, penyanyi yang sempat mengisi soundtrack “The Hobbit: Desolation of Smaug” (2013), dan “The Fault in Our Stars” (2014) ini hadir dengan album terbarunya Divide (2017), yang dirilis Maret 2017. (Inayah/Foto: hollywoodreporter.com)

Artikel terkait: 15 Koleksi Lagu Terbaik Ed Sheeran

 

Dengerin juga lagu-lagunya Ed Sheeran:

Note: Untuk mendengarkan secara utuh lagu-lagu di atas, maka kamu harus menginstal aplikasi Spotify di handphone atau komputer kamu!