Lukas Graham, Si Pelantun Lagu Hits “7 Years”

Lukas Graham, Si Pelantun Lagu Hits “7 Years”

AlbumBaru.Com — Mungkin sebagian dari kita masih asing mendengar nama Lukas Graham, tapi bagaimana dengan lagu hits7 Years“? Lagu yang populer beberapa tahun lalu dan diputar berkali-kali di sejumlah stasiun radio, termasuk Indonesia. Well, siapa sih Lukas Graham?

Banyak yang salah paham dan mengira Lukas Graham adalah nama solois dari Amerika atau Inggris. Faktanya, itu adalah nama band yang terdiri dari empat member dan berasal dari Denmark. Ada Lukas (Vokalis), Magnus (Bassist), Mark (Drum) dan Kasper (Keyboard). Nama band tersebut diambil dari nama sang vokalis, Lukas Graham Forchhamer, karena alasan untuk lebih mudah dikenal.

Meski baru dikenal di kancah internasional, band bergenre pop & soul ini sudah eksis sejak 2011 lalu di bawah label musik Copenhagen Records. Menariknya, sebelum merilis album, Lukas Graham sukses menjual tiket konsernya di Denmark. Ini berkat dua lagu yang menjadi viral di jejaring sosial bertajuk, “Criminal Mind” dan “Drunk in The Morning“.

Di 2012 band ini merilis album dengan nama sama Lukas Graham (2012) Album tersebut laku keras dan membuat mereka sibuk dengan jadwal konser hingga keliling Eropa. Lukas Graham menandatangani kontrak bersama Warner Bros di 2013 untuk membawa musik mereka ke Amerika Serikat. Kemudian di 2014, band ini merilis single pertama di Amerika bertajuk “Mama Said“.

Full albumnya baru dirilis di 2015 dan lebih dikenal dengan Blue Album (2015) . Single-single dalam album inilah yang membuat Lukas Graham mulai dikenal dunia. Khususnya untuk single “7 Years” yang memuncaki sejumlah tangga lagu Denmark, Amerika, dan Eropa. Hingga akhirnya diperdengarkan di seluruh dunia lewat aplikasi streaming, Spotify.

Sejak saat itu, band ini banyak disibukkan dengan jadwal tur keliling dunia. Namun di pertengahan 2016 sang keyboardist, Kasper Daugaard meninggalkan band karena merasa tidak nyaman dengan padatnya jadwal tur konser. Posisi tersebut digantikan produser band dan mantan keyboardist, Morten Ristorp.

Akhir Desember 2016 lalu, band ini pun akhirnya masuk tiga nominasi Grammy Awards dan BBC Music Awards. Meski belum meraih kemenangan, namun prestasi yang ditorehkan band asal Denmark ini patut diacungi jempol. Good job Lukas Graham! (Desy K/Foto: LukasGraham.com)

 

Dengerin juga lagu-lagunya Lukas Graham:

Note: Untuk mendengarkan secara utuh, maka kamu harus menginstal aplikasi Spotify di handphone atau komputer kamu!