Shakira, Menggoyang Dunia dengan Musik Latin

Shakira

AlbumBaru.Com — Shakira Isabel Mebarak Ripoll, yang akrab dikenal dengan nama Shakira, adalah penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, dan musisi asal Kolombia. Penyanyi kelahiran 2 Februari 1977 ini khas dengan suara dan goyang pinggulnya yang sexy.

Penyanyi cantik, yang lahir dari pasangan William Mebarak Chadid (ayah) dan Nidia del Carmen Ripoll (ibu) ini, sudah berkarya di ranah musik sejak usianya masih sangat muda: yaitu saat usia 8 tahun.

Kekasih dari pesepakbola Spanyol, Gerard Pique ini, diketahui mengadopsi berbagai genre, termasuk pop mainstream, folk, dan rock. Dia selalu bereksperimen dalam bermusik sehingga musiknya terdiri dari perpaduan unsur yang berbeda.

Pada tahun 1991, penyanyi cantik ini merilis album debutnya Magia di bawah label rekaman Sony Music Colombia. Perilisan album pertama itu patut diacungi jempol, sebab pada saat itu usianya baru berusia 13 tahun. Lagu-lagu di album Magia (1991) adalah ciptaannya saat berusia 8 tahun.

Dua tahun kemudian, dia merilis album kedua Peligro (1993). Peligro (1993) mendapatkan respon yang lebih baik dari album pertama, walaupun dianggap gagal dalam segi komersial karena sang penyanyi menolak untuk mengiklankan dan mempromosikannya. Dia memutuskan untuk absen dari rekaman dan lulus dari SMA.

Sukses dengan produsen lokal yang menggarap dua album pertamanya, penyanyi yang sukses dengan lagu “Waka Waka” ini memutuskan untuk memproduksi merek musik sendiri. Pada1996, dia kembali merilis pies Descalzos. Singel “Estoy Aquí”, “Sueños Blancos”, “Pies Descalzos”, dan “Dónde Estás Corazón” membawanya ke popularitas besar di Amerika Latin.

Wanita berzodiak Aquarius ini juga sukses memenangkan dua penghargaan di ajang Grammy Awards, tujuh penghargaan di Latin Grammy Awards, dua belas penghargaan di Billboard Latin Music. Juga menjadi artis asal Kolombia dengan penjualan tertinggi sepanjang masa.

Tak hanya itu, penyanyi berusia 40 tahun ini juga menjadi penyanyi Latin kedua tersukses dengan total 50 juta album di berbagai belahan dunia (sekaligus menjadi satu-satunya artis dari Amerika Selatan Selatan yang berhasil memuncaki US Billboard Hot 100, ARIA Australia, dan Single UK).

Selain itu, lagu-lagu berbahasa Inggris yang dibawakannya, seperti “Whenever Wherever”, “Hips Don’t Lie”, dan “She Wolf” berhasil menjadi “World Single of Year”. Sampai saat ini, dia sudah merilis total 10 album. Album terakhirnya, Shakira, dirilis pada tahun 2014 di bawah label RCA Records. (Noy/Berbagai Sumber/Foto: Billboard.com)

Dengerin juga lagu-lagunya Shakira:

Note: Untuk mendengarkan secara utuh lagu-lagu di atas, maka kamu harus menginstal aplikasi Spotify di handphone atau komputer kamu!

Video Musik Shakira: