Romansa Hidup Seorang Sia Furler

Romansa Hidup Seorang Sia Furler

AlbumBaru.Com — Lahir dan tumbuh di bawah bimbingan orang tua yang merupakan pekerja seni, Sia Kate Isobelle Furler, atau yang kita kenal dengan Sia, menjadi penyanyi kelahiran Australia yang sukses mendongkrak tangga musik internasional. Sia lahir pada 18 Desember 1985 di Adelaide, Australia.

Pada pertengahan 1990, ia memulai karier sebagai penyanyi dengan menjadi bagian dari band beraliran acid jazz lokal, Crisp. Mereka berkolaborasi untuk dua EP, Word and the Deal pada tahun 1996, dan Delirium pada tahun 1997. Setelah Crisp bubar pada tahun yang sama dengan perilisan EP terakhirnya, Sia meluncurkan album debut solonya yang bernama Only See (1997).

Ia pindah ke London dan mengisi posisi vokal dalam berbagai band, serta merilis album studio dalam kolaborasi-kolaborasi mereka. Baru pada tahun 2001, Sia kembali merilis album solonya, Healing Is Difficult (2001), yang ide besarnya didapat dari pengalaman patah hati. Sementara album ketiganya, Colour the Small One (2004).

Karena tidak begitu puas dengan hasil penjualannya, Sia memutuskan pindah ke New York untuk potensi pasar yang lebih besar. Ia merilis empat album studio setelah itu; Some People Have Real Problems (2008), We Are Born (2010), 1000  Forms of Fears (2014), dan This Is Acting (2016).

Selain album-album tersebut, Sia juga telah melakukan beberapa tour; Live from Sidney (2009), We Meaning You (2010), dan yang terbaru, Nostalgic for the Present (2016).

Dalam kehidupan pribadinya, Sia pernah menderita depresi, ketergantungan obat-obatan dan alkohol, dan pernah menulis surat dan memikirkan untuk bunuh diri. Bahkan, beberapa acara yang melibatkannya terpaksa dibatalkan karena kondisi tersebut.

Namun, beberapa tahun kemudian, Sia mengumumkan perkembangan kesehatannya pada sebuah wawancara. Ia mengatakan kondisinya mulai membaik setelah memaksimalkan istirahat serta menjalani segelintir terapi-terapi kesehatan.

Dalam hal lain, Sia merupakan seorang aktivis pencinta hewan, terutama anjing. Ia turut bergabung dalam banyak kampanye, salah satunya adalah protes terhadap peternakan hewan peliharaan skala besar. Oleh karena aksi-aksinya itu, Sia dinominasikan oleh 2016 Libby Awards untuk Best Voice for Animals. (Fajri/Foto: Youtube.com)

Dengerin juga lagu-lagunya Sia:

Note: Untuk mendengarkan secara utuh, maka kamu harus menginstal aplikasi Spotify di handphone atau komputer kamu!