The Chainsmokers dan Era Baru Musik Dansa

The Chainsmokers dan Era Baru Musik Dansa

AlbumBaru.Com — Siapa pun mungkin akan setuju bahwa 2016 adalah tahunnya Eletronic Dance Music (EDM) meledak dalam skala besar. Banyak DJ yang menelurkan lagu-lagu dengan warna dansa modern tahun itu. Tempat-tempat seperti kafe, kelab malam, sampai tongkrongan anak-anak muda kerap dialiri oleh lagu-lagu EDM dengan dentuman yang mengajak kita bergoyang. Duo DJ yang berasal dari Amerika Serikat, The Chainsmokers, adalah salah satu penggerak pasar kala itu.

Duo DJ—Andrew Taggart dan Alex Pall—ini dibentuk di kota New York pada tahun 2012. Mulanya, The Chainsmokers dibentuk oleh Pall dan mantan rekannya, DJ Rhett Bixler, di bawah manajemen Adam Alpert. Setelah Bixler keluar, Taggart mendapat informasi bahwa duo yang tengah dimanajemen oleh Alpert mempunyai tempat untuknya. Ia kemudian bergabung, lalu mereka aktif sebagai The Chainsmokers versi baru dan mulai mengerjakan berbagai remix dari banyak band indie.

Single pertama mereka, “#Selfie”, yang dirilis secara gratis pada Desember 2013, dipilih label rekaman Dim Mak Records dan dirilis ulang pada Januari 2014. Pada akhirnya, single tersebut diserahkan kepada perusahaan rekaman Republic Records. Mereka meraih kesuksesan besar setelah single tersebut meroket di tangga nada internasional.

Pada Agustus 2015, The Chainsmokers merilis “Kanye” yang menampilkan sirenXX. Tujuh bulan kemudian merilis “Let You Go” yang menampilkan Great Good Fine Ok. Mereka juga merilis 2 extended play yaitu Bouquet pada 2015, dan Collage pada 2016. Pada bulan Juli di tahun yang sama dengan rilis EP kedua, Closer dirilis yang menampilkan Halsey dan meledak besar di puncak charts di US dan UK, serta sebelas negara lainnya.

Di penghujung 2016, mereka merilis “All We Know” yang menampilkan penyanyi cantik Amerika, Phoebe Ryan. Pada tahun 2017, selain merilis “Paris” di bulan Januari, The Chainsmokers juga menyetujui berbagai kesepakatan kerja dan tour “Memories: Do Not Open” yang akan dimulai pada bulan April.

Tidak hanya sebagai idola remaja-dewasa masa kini, tetapi pengaruh The Chainsmokers dalam aliran musik mereka sangat kuat. Makanya, banyak yang berpendapat bahwa pasar EDM akan terus melejit pada tahun-tahun mendatang. (Fajri/Foto: TheUNTZ.com)

Simak juga: Video Musik Terbaru The Chainsmokers

 

Dengerin juga lagu-lagunya The Chainsmokers:

Note: Untuk mendengarkan lagu-lagu di atas secara utuh, maka kamu harus menginstal aplikasi Spotify di handphone atau komputer kamu!