Cara Belajar Piano untuk Pemula Secara Online

Cara Belajar Piano untuk Pemula

AlbumBaru.Com — Belajar memainkan piano sangat mudah dilakukan di era digital seperti sekarang ini. Semua tersedia secara gratis di internet. Salah satunya adalah melalui channel Piano From Scratch, yang menghadirkan cara belajar piano untuk pemula secara online. Sangat mudah untuk dipelajari.

Belajar Piano Secara Online

Kanal Piano From Scratch dirilis pada bulan November 2019 lalu.  Sekalipun tutorial cara bermain piano di channel YouTube ini untuk para pemula, namun dapat juga digunakan untuk kamu yang ingin meningkatkan permainannya. Hal tersebut dapat kamu simak di tab Teori Musik dan Major Scale.

Bagi para pemula, permainan piano harus dilakukan secara bertahap.  Di channel ini, dijelaskan bagaimana cara terbaik belajar piano. cara menghafal kord, tips kilat menguasai piano, hingga menguasai piano tanpa membaca not balok. Semua diajarkan secara menarik dan mudah dipahami.

Bagaimana Memilih Piano yang Tepat?

Bagi seorang pemula yang baru memulai mempelajari instrumen piano, maka memiliki sebuah piano adalah sebuah kewajiban. Ada beberapa cara memilih piano akustik yang direkomendasikan oleh Liberty Park Music. Yaitu:

1. Memilih Sound yang Cocok

Sebelum membeli, cobalah memainkan piano tersebut dan dengarkan sound-nya. Hal ini sangat subjektif sifatnya. Ada pemula yang senang dengan karakter sound yang jernih, ada yang lebih memilih sound yang lebih melankolis.

2. Tutsnya Enak Dimainkan

Sebelum membeli piano akustik, pastikan tuts pianonya enak dimainkan dan harus nyaman ketika dimainkan. Tuts piano harus kuat dan responsif terhadap keras lembutnya tekanan jari, dan memiliki bantalan yang dapat mengurangi getarannya.

3. Perhatikan  Tempat Penyimpanan Piano

Sesuaikan ukuran piano dengan ruangan di rumah kamu, tempat meletakan piano tersebut. Jangan membeli piano berukuran besar yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan di rumah kamu. Piano akustik juga sangat rentan terhadap kondisi suhu ruangan yang lembab, karena akan mempengaruhi bunyi yang dihasilkan.

4. Memiliki Garansi

Pastikan piano yang kamu beli memiliki garansi jika terjadi kerusakan atau terjadi perubahan bunyi yang tak normal. Biasanya distributor memberikan garansi hingga lima tahun kepada pembeli. Cek kembali, apakah kamu mendapatkan jaminan garansi jika terjadi apa-apa dengan pianonya.

5. Pilih Brand yang Dapat Dipercaya.

Saat ini banyak produsen alat musik yang memproduksi piano berkualitas tinggi. Pilihlah brand piano yang memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik. Di antaranya Yamaha, Steinway & Sons, Kawai, Baldwin, dan Bosendorfer.

Bagaimana Cara Belajar Piano untuk Pemula?

Berikut ini adalah sejumlah video-video pembelajaran piano yang khusus dibuat untuk pemula hingga yang sudah pernah belajar piano sebelumnya. Buat kamu yang ingin meningkatkan permainan pianonya, maka dapat men-download PDF Worksheet di situs Piano From Scratch.

Oya, jangan lupa memberikan sumbangan sukarela kepada pengelola channel ini ya, agar setiap minggu kamu selalu mendapatkan tutorial terbarunya! (ymn/Foto: Pexels)


Simak juga: Cara Termudah Belajar Gitar untuk Pemula + Video Tutorial

Share Juga dong, di Sosmed Kamu:
Penawaran eksklusif untuk pengguna MINI: Ajukan MINI Maybank Kartu Kredit Sekarang!