Selamat Datang YouTube Music di Indonesia!

YouTube Music

AlbumBaru.Com — Indonesia adalah pasar yang sangat besar bagi berbagai platform aplikasi musik. Tingginya pengguna internet di Indonesia, terutama dari generasi millennial, membuat para pemain global berlomba memasuki pasar Indonesia. Setelah Spotify, kini hadir YouTube Music.

Aplikasi YouTube Music dapat dinikmati secara gratis, yang didukung oleh layanan iklan. Opsi lainnya adalah YouTube Music Premium berbayar, tanpa iklan, dan kamu dapat mendengarkan musik sambil membuka aplikasi lain di ponselnya.

Menurut Ruuben Van Den Heuvel, Head of Music Content Partnerships (South East Asia, AU/NZ) Youtube and Youtube Go, pihaknya sudah lama mempersiapkan peluncuran YouTube Music di Indonesia. Google memastikan bahwa pihaknya mematuhi semua aturan tentang hak cipta. Itulah sebabnya, memakan waktu yang cukup lama.

YouTube, menurut Ruuben, telah menjadi bagian yang sangat penting dari kultur Indonesia. “Kami juga berharap, YouTube Premium dapat memberikan kontribusi pada industri musik Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Sejumlah kerjasama strategis juga telah dilakukan dengan beberapa pihak terkait, di antaranya Asosiasi Penerbit Musik Indonesia (Apmindo), Warner Music, Musica, dan Trinity Optima Production.

Biaya Berlangganan YouTube Music

Hingga 26 November 2019, pihak YouTube Music memberikan layanan gratis untuk tiga bulan pertama. Pembayaran selanjutnya adalah Rp. 49 ribu/bulan. Untuk berlangganan paket keluarga, biayanya adalah Rp. 79 ribu, yang dapat digunakan untuk lima anggota keluarga.

Kelebihan dari layanan premium adalah: musik dan video bebas iklan, dapat di-download untuk didengarkan secara offline, dan dapat mendengarkan musik sambil membuka aplikasi lain. Welcome to Indonesia, YouTube Music! (ymn/Foto: YouTube)

Download YouTube Music: Android | IOS

Baca juga: Daftar Playlist Lagu Indonesia dan Barat Terpopuler

 

Share ke teman kamu: