Cerita Sejarah Gitar Fender yang Legendaris

Sejarah Gitar Fender

AlbumBaru.Com  — Gitar fender adalah cerminan kerja keras penciptanya. Gitar yang sudah menghiasi dunia musik ini memiliki perjalanan yang panjang dan menarik untuk disimak. Inilah kisah tentang sejarah gitar Fender yang legendaris.

Nama “Fender” tentunya sudah tidak asing lagi bagi penggemar musik, terutama para musisi. Gitar listrik ini sering terlihat dipakai oleh para gitaris di sebuah konser maupun tayangan musik di televisi.

Gitar Fender diperkenalkan pertama kali pada 1950 oleh Clarence Leonidas Fender, atau Leo Fender. Lahir di California, Amerika Serikat, pada 10 Agustus 1909, Fender adalah penggagas dari Fender Electric Instrument Manufacturing Company, pesaing berat Gitar Gibson yang juga ikonik.

Sejarah Singkat Fender

Pada tahun 1938, Leo Fender membuka sebuah toko bernama “Fender’s Repair Service”, yang menawarkan jasa perbaikan serta penjualan alat musik dan PA sistem. Delapan tahun kemudian, dia pun mengubah nama bisnisnya menjadi “Fender Electric Instruments Company”, dan mulai fokus membuat alat musik.

Pada 1951, Leo Fender mempersembahkan body electric guitar yang dinamakan Esquire, yang kemudian diubah menjadi Broadcaster. Namun, nama gitar tersebut harus diubah lagi karena adanya konflik penamaan dengan drum Gretsch Broadkaster. Nama Telecaster pun dipakai untuk menggantikannya.

Telecaster merupakan solid-body Spanish-style electric guitar pertama yang diproduksi secara massal. Pada tahun yang sama, Fender juga memperkenalkan produk baru yang revolusioner, yakni Precision Bass. Kedua produk bersejarah ini menjadi dasar dari merk Fender yang kita kenal saat ini.

Model lainnya adalah Stratocaster yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1954. Gitar ini merupakan kolaborasi antara Fender (Leo dan stafnya), dengan para musisi profesional. Melalui sejumlah kritik dan saran dari mereka, gitar Stratocaster dibuat dengan desain yang lebih nyaman dan mudah digunakan.

Lalu, siapa saja musisi-musisi ternama yang pernah menggunakan gitar besutan Fender ini?

Pengguna Gitar Telecaster

Keith Richards. Dalam perjalanannya bermusiknya, gitaris The Rolling Stones ini telah menggunakan banyak model gitar untuk menemukan suara yang diinginkan oleh band-nya. Hingga pada tahun 1970-an, Keith Richards menemukan suara tersebut pada gitar Fender Telecaster. Sejak saat itu, Telecaster pun menjadi andalannya hingga lima dekade kemudian.

Muddy Waters. Gitar Fender Telecaster adalah gitar favorit dari salah seorang penyanyi blues terbaik sepanjang sejarah, Muddy Waters. Di awal karirnya, dia sering terlihat membawa Telecaster. Gitar tersebut ikut berperan dalam menyampaikan nada–nada blues-nya yang khas.

Pengguna Gitar Stratocaster

Yngwie Malmsteen. Gitaris asal Swedia ini bisa dikatakan sebagai musisi yang penuh akan pencapaian. Dia mampu memainkan not–not klasik dengan nuansa gothic menggunakan Stratocaster-nya. Malmsteen terus menginspirasi gitaris muda sejak debut albumnya, yaitu Rising Force (1984).

George Harrison. Gitaris The Beatles ini adalah pengguna Stratocaster yang mampu memainkan musik dari berbagai jenis aliran, seperti country, classical Indian, hingga blues. Hal tersebut menjadikannya pemain gitar yang penuh inovasi. Pada 1967, dia mengecat ulang gitarnya dengan tema warna psikedelik.

Demikianlah sekilas mengenai sejarah gitar fender. Mulai dari kolaborasi desainnya bersama para gitaris, hingga gitaris dunia yang menggunakannya. Saat ini, Fender tetap menjadi pilihan banyak gitaris handal di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia. (ald/ymn/Berbagai Sumber/Foto: Pexels)

Baca juga: Sejarah Gitar Gibson: Dari Jimmy Page Hingga Slash

 

Share ke teman kamu: