Sejarah Musik Rock dari Masa ke Masa

Sejarah Musik Rock

AlbumBaru.Com — Sejarah musik rock di dunia tidak terlepas dari perkembangan musik di Amerika Serikat, dan tentu saja para musisi di setiap periodenya. Simak cerita tentang musik rock dan perkembangannya dari masa ke masa.

Are you ready to rock?” Terdengar tidak asing bukan? Musik rock yang juga disebut rock n’ roll merupakan salah satu genre musik populer yang pertama kali muncul pada tahun 1950-an di Amerika Serikat.

Rock memang diketahui memiliki nuansa musik yang keras. Namun, dalam perjalannya jenis musik ini hadir dalam gaya yang berbeda di setiap periode. Ingin tahu lebih banyak, yuk simak sejarah musik rock selengkapnya:

Rock 1950-an

Pada tahun 1950-an, rock n’ roll muncul di Amerika Serikat. Tingginya minat terhadap lantunan vokal, ketimbang suara instrumen—seperti Bing Crosby dan Frank Sinatra yang popular saat itu, membuat para penerbit besar menciptakan lagu-lagu yang simple dan emosional untuk mendukung penampilan para bintang vokal pop.

Di masa ini, beberapa komponen blues dan country dari Amerika Serikat bagian selatan banyak diadaptasi. Di sisi lain, fenomena economic boom pasca the great depression yang terjadi di Amerika Serikat, membuat daya beli anak muda makin meningkat. Hal ini memberi dampak pada perkembangan music rock n’ roll. Elvis Presley pun menuai kesuksesan pada era ini.

Rock 1960-an

Pada pertengahan 1960-an, grup band The Beatles muncul sebagai bagian dari British Invasion yang membuat anak muda Amerika Serikat kembali menyukai rock n’ roll.

Hal yang sama terjadi di Britania Raya dan sekitarnya, anak-anak muda mulai tertarik dengan genre tersebut, bahkan mulai membentuk grupnya sendiri untuk tampil di atas panggung. Banyak dari mereka mengikuti model group skiffle dengan mengimprovisasikan alat musik pabrik dan rumahan.

Rock 1970-an

Tahun 1970-an adalah awal dari dekade rock superstar. Salah satu contohnya adalah The Rolling Stones yang tak hanya sukses dalam kehidupan pribadi, tapi juga dalam publikasi musiknya. Penjualan album rock membuat para musisi makin berkembang, sampai melibatkan pengacara hingga akuntan untuk membantu mereka berdiskusi dengan perusahaan rekaman.

Selain The Rolling Stones, grup band Led Zeppelin muncul dan membawakan musik hard rock atau heavy metal yang memiliki nuansa berat dan gelap.  Di waktu yang sama, Pink Floyd menambahkan unsur psikedelik dan aransemen yang kompleks hingga melahirkan aliran Punk Rock.

Rock 1980-an hingga 1990-an

Pada dekade 1980-an, musik rock mulai meredup dan lebih dominan dinikmati oleh kalangan tua, sampai akhirnya pada tahun 1990-an grup band Nirvana muncul dengan genre alternative rock. Naik daunnya Nirvana menjadi awal dari kembalinya popularitas musik rock.

Musik rock yang dinamis menunjukkan bahwa aliran ini masih memiliki kemungkinan untuk berkembang. Peminat aliran ini pun masih sangat tinggi. Hal tersebut terbukti dengan diselenggarakannya festival rock terbesar yang rutin diadakan di Brazil setiap dua tahun, yakni Rock in Rio.

Di Indonesia sendiri, Hammersonic Festival dan Java Rockin’ Land menjadi festival yang selalu dipadati penggemar music rock tanah air.  (ald/ymn/Berbagai Sumber/Foto: Pexels)

Baca juga: 15 Koleksi Lagu Terbaik The Rolling Stones

Share ke teman kamu: