140 Lagu Rock Indonesia Terbaik dari Masa ke Masa

Lagu Rock Indonesia

AlbumBaru.Com — Lagu-lagu rock Indonesia sangat digemari, dan mendapatkan tempat yang terhormat di hati penggemarnya. Sejak era 70-an, musik rock telah berkibar di Indonesia. Hal tersebut terus berlanjut hingga kini. Apa saja lagu rock Indonesia terbaik dari masa ke masa?

Pada artikel kali ini, kami juga menghadirkan playlist lagu rock Indonesia terbaik sepanjang masa, yang berasal dari era 70-an, 80-an, 90-an, hingga periode tahun 2000-an. Periode ini disebut dengan era rock modern, yang memanfaatkan teknologi digital untuk memproduksi dan mendistribusikan musiknya.

Nah, sebelum membahas tentang lagu rock Indonesia dari berbagai era, maka berikut ini adalah sejarah singkat perkembangan musik rock di Indonesia, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Musik Rock di Indonesia

Musik rock di Indonesia mengalami pasang surut dalam perkembangannya. Pada era 1950-an, menurut Denny Sakrie, dalam bukunya 100 Tahun Musik Indonesia (2015),  masyarakat Indonesia sudah mulai senang dengan kebudayaan Barat, yang berasal dari musik dan film.

Lagu-lagu barat, ketika itu, didengarkan melalui siaran-siaran radio luar negeri seperti Radio ABC Australia, Hilversum Belanda, dan Voice Of America (VOA).  Termasuk di dalamnya, lagu-lagu yang menjadi soundtrack dari film-film Barat yang diimpor dan ditayangkan di Indonesia.

Musik barat, termasuk rock, di era 1950-an sangat ditentang oleh penguasa ketika itu. Menurut Japi Tambajong, dalam Ensiklopedia Musik Indonesia (1992), menceritakan bahwa Presiden Soekarno dalam pidatonya pada 17 Agustus 1959, menyebutkan musik rock sebagai musik “ngak-ngik-ngok” yang tak sesuai dengan kebudayaan Indonesia.

Penyebabnya, kutip Sakrie (2015), adalah: Soekarno sangat khawatir, kebudayaan asli Indonesia lama-lama akan hilang dan punah, karena ditelan oleh kebudayaan barat. Selanjutnya, mulai Oktober 1959, Radio Republik Indonesia (RRI) dilarang memutar lagu-lagu rock & roll, cha cha, tango, dan mambo.

Berkuasanya rezim Soeharto di tahun 1960-an, membuka lembaran baru bagi perkembangan musik rock di Indonesia. Pemutaran musik tidak lagi menjadi monopoli RRI. Dapat dikatakan, pada periode 1967-1970-an, musik rock pun mulai berkembang pesat di Indonesia.

Lagu Rock Indonesia Era 70-an

Era 1970-an banyak bertebaran grup musik rock Indonesia. Di antaranya God Bless, AKA, SAS, Superkid, Philosophy Gang Harry Roesli, The Rollies, Guruh Gipsy, Freedom of Rhapsodia, Giant Step, Diablo Band, The Rhythm Kings,  Freedom, Bani Adam, dan The Templars. Kebanyakan menggunakan bahasa Inggris sebagai nama band.

Banyak lagu-lagu rock Indonesia yang dirilis di era 1970-an. Misalnya, “Peacock Dog” dari Philosophy Gang (Harry Roesli), “Akhir Kisah Sedih” (AKA), “Huma di Atas Bukit” (God Bless), “Let’s Start Again” (The Rollies), “Far Away” (Giant Step), “Baby Rock” (SAS), “Trouble Maker” (Superkid),  “Hari Kiamat” (Black Brothers), dan “Chopin Larung” (Guruh Gipsy). 

Tak mudah mengumpulkan lagu-lagu rock Indonesia tahun 70-an untuk pembuatan playlist, karena tidak semua album tersedia di database Spotify. Berikut ini adalah koleksi lagu selengkapnya, yang berhasil kami kumpulkan.

Lagu Rock Indonesia Era 80-an

Di era 1980-an, musik rock semakin berkembang pesat. Sejumlah lagu rock Indonesia menguasai tangga lagu ketika itu. Sebut saja “Antara Aku Kau dan Bekas Pacarmu” (Iwan Fals), “Misteri” (God Bless), “Angan Angan” (El Pamas), “Bianglala” (Mel Shandy), “Biar Semua Hilang” (Nicky Astria), “Dalam Kegelapan” (Harry Mukti), “Maafkanlah” (The Rollies).

Periode akhir 1980-an muncul juga istilah “Pop Kreatif”, yang hadir untuk menggantikan era lagu pop “cengeng” yang sangat mendominasi industri musik saat itu. Hal ini turut mempengaruhi nuansa lagu rock Indonesia ketika itu. Pada era ini, musik jazz Indonesia juga berkembang pesat. Berikut adalah playlist yang berhasil kita kumpulkan.

Lagu Rock Indonesia Era 90-an

Periode tahun 1990-an, muncul banyak penyanyi dan grup rock. Di antaranya Slank, Dewa 19, Gank Pegangsaan, Ita Purnama Sari, Nike Ardila, Deddy Stanzah, Andy Liany, Power Metal, Grass Rock, Edane, Jamrud, U’Camp, Andromeda, Padi, Gong 2000, Boomerang, Voodoo, GIGI, Power Slaves. 

Banyak hits yang berasal dari genre pop-rock di era 90-an. Di antaranya “Kirana” (Dewa 19), “Terbang” (GIGI), “Begitu Indah” (Padi), “Sanggupkah” (Andy Liany), “Satu Kata” (Adegan), “Piknik 72” (Naif), dan “Hanyalah Cinta” (Element). Berikut ini adalah Playlist selengkapnya yang berhasil kami kumpulkan.

Lagu Rock Indonesia Era 2000-an

Pada tahun 2000-an, musik rock Indonesia mulai beralih ke era digital. Proses rekaman, dan distribusi album sudah menggunakan berbagai platform digital. Musisi rock Indonesia semakin akrab dengan perangkat rekaman digital, dan perlahan mulai meninggalkan format analog.

Lagu rock Indonesia tahun 2000-an yang populer di antaranya “Sesuatu yang Indah” (Padi), “Roman Picisan” (Dewa), “Bersama Bintang” (Drive), “Kenangan Terindah” (Samsons), “Hampa” (Ari Lasso), “Bila Aku Jatuh Cinta” (Nidji), “Demi Waktu” (Ungu), “Sempurna” (Andra & The Backbone), “Menghapus Jejakmu” (Peterpan), “Sahabat Sejati” (Sheila on 7).

Mengumpulkan koleksi tembang rock Indonesia tahun 2000-an untuk dijadikan playlist, lebih mudah dari tiga playlist di atas. Banyak koleksi lagu rock era ini yang sudah tersedia lengkap di Spotify. Inilah koleksi playlist lagu rock era 2000-an yang dapat kami kumpulkan.

Referensi Rock Indonesia Lainnya

Untuk mendapatkan referensi musik rock Indonesia lainnya, dapat dibaca di artikel “Cerita tentang God Bless, Legenda Musik Rock Indonesia. Artikel ini membahas tentang video Journey of God Bless, yang dibuat oleh pengamat musik Denny MR. Mulai dari sejarah berdirinya God Bless, album-album yang dihasilkan, hingga konflik para personilnya.

Referensi menarik lainnya adalah tentang Sejarah Musik Rock dari Masa ke Masa”, yang membahas tentang sejarah perkembangan musik rock di dunia, mulai dari era 50-an hingga tahun 2000-an. Info ini cukup menarik, karena musik rock Indonesia sangat dipengaruhi oleh industri musik rock di Amerika dan Eropa. (Yollis MN/Berbagai Sumber/Foto: Pexels)

Baca juga: Info lengkap tentang musik Jazz Indonesia

Share Juga dong, di Sosmed Kamu:
DigitalOcean Referral Badge